Pemindahan Tugu Adipura Dinilai Urgen

  Kamis, 06 September 2018   Hengky Sulaksono
Tugu Adipura Kota Tasikmalaya. (Ilustrasi)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota Tasikmalaya masih bersikukuh mendaratkan ambisi mereka memindahkan Tugu Adipura. Bangunan tugu yang berada di kawasan Taman Kota Tasikmalaya ini direncanakan berpindah ke kawasan Padayungan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Aay Zaini Dahlan menilai kondisi lalu lintas di sekitar kawasan Taman Kota Tasik saat ini telah semrawut. Untuk memnghindari kesemrawutan lebih parah, pemindahan tugu perlu dilakukan.

"Kalau dilihat dari sapek kajian lalu lintas, jika dilihat saat ini tugu dan beberapa aktivitas di sana memang sudah bisa dikatakan mengganggu arus lalu lintas. Jadi harus segera ditata," kata Aay kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Dia menuturkan, kesimpulan bahwa pemindahan tugu harus dilakukan untuk memecah arus kepadatan akibat kendaraan dan aktivitas manusia keluar dari hasil rembuk Forum Lalu Lintas. Pembukaan Jalan Mayor Utarya menjadi salah satu faktor yang dinilai memicu kepadatan.

"Kebijakan kami (Dishub) mau itu pindah, geser, dipindah itu diluar kebijakan kami. Tapi kebijakan di Forum Lalu Lintas melalui manajemen rekayasa lalu lintas, kami lihat pembukaan Jalan Mayor Utarya jadi seolah-olah mengahalangi lajur lalu lintas," katanya.

Karena itu, Aay menilai pemindahan tugu yang direncanakan bakal dilakukan dengan cara digotong mutlak diperlukan. Dia menganggap rencana pemindahan sudah sangat mendesak untuk segera bisa dieksekusi.

"Dipandang urgensi untuk pengaturan lalu lintas, permasalahanya di sana aktivitas odong-odong kereta mainan yang mengakibatkan jalur kendaraan sering tersendat, ada banyak. Jadi itu urgensinya jelas," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar