Kuliner Legendaris: Kupat Tahun Mangunreja Bertahan Sejak Zaman Belanda

  Rabu, 27 Maret 2019   Irpan Wahab Muslim
Kupat Tahun Mangunreja. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

AYO BACA : Nasi TO Khas Tasik, Nikmat dan Murah

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM--Selain Nasi Tutug Oncom (TO), di Tasikmalaya terdapat salah satu kuliner yang sudah terkenal di lidah para pecinta kuliner yakni Kupat Tahu Mangunreja. Bahkan, makanan ini sudah ada sejak zaman Belanda yakni tahun 1955.

Kupat tahu Mangunreja ini dijual di jalan Toblongan Desa dan Kecamatan Mangunreja berjarak lebih kurang 2 Km dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna. Saat ini, kupat tahu Mangunreja dikelola oleh Lala, yang merupakan generasi ketiga.

Kelezatan kupat tahu Mangunreja ini terdapat pada cara memasak kupat dan bumbu kacang yang diolah. Kupat dibuat dari beras kualitas bagus dan dimasak dengam menggunakan tungku kayu bakar sehingga ada aroma khas selama 6 jam.

AYO BACA : Bingung Berakhir Pekan? Yuk, Main ke Kampung Kuliner Dadaha

Sementara bumbu kacang sendiri berasal dari perpaduan rempah-rempah seperti bawang daun, kacang tanah, parutan kelapa, cabe, garam, gula aren, asem dan santan. Sementara kacang tanah dihaluskan dengan cara ditumbuk, tidak dihaluskan dengan blander. Pengolahan bumbu kacang ini memakan waktu 3 jam.

"Resepnya sudah turun temurun, saya generasi ke tiga menggantikan ibu saya Tirah yang sudah memasuki uzur," papar Lala Nurlaela, pengelola kupat tahu Mangunreja, Rabu (27/3/2019).

Lala, merupakan generasi ketiga dari awal penjual kupat tahu Mangunreja yakni pasangan Usman dan Oci pada tahun 1955. Meski sudah memasuki generasi ketiga, namun cara memasak dan bumbu dapurnya sama.

"Kalau resep tidak berubah, cara mengolah pun tidak berubah. Meskipum sekarang saya generasi ketiga yang mengelola," papar Lala.

Jika anda yang kebetulan melintas di jalan Raya Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya, tidak ada salahnya mengunjungi dan mencicipi kupat tahu Mangunreja. Warung kupat tahu Mangunreja ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Sekarang banyak yang buka warung makan mengatasnamakan kupat tahu Mangunreja, tapi mereka itu hanya cara pengajian dan memasaknya beda. Kami punya khas sendiri dari yang lain, " pungkas Lala.

AYO BACA : Kuliner dan Industri Kreatif Lokal Siap Ramaikan Tasik October Festival

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar