Pendopo Lama Kabupaten Rencana Dijadikan Museum Sejarah

  Rabu, 24 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Pendopo lama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mewacanakan pendopo lama menjadi museum. Rencana itu, muncul dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Bahkan, wacana itu sudah disampaikan kepada Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Didin Saepudin menuturkan, Pendopo Kabupaten Tasikmalaya yang berada di Jalan RAA Wiratanuningrat, Kelurahan Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, akan dialihfungsikan menjadi museum peninggalan sejarah.

AYO BACA : Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Sayangkan Kekurangan RKB

"Mudah-mudahan wacana itu bisa direalisasikan pak Bupati Ade. Sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat," kata Didin kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Didin menambahkan, Kabupaten Tasikmalaya kaya akan peninggalan sejarah. Hadirnya museum bisa melestarikan sejarah dan barang-barang berharga, sehingga generasi muda dan masyarakat mengetahui sejarah Tasikmalaya.

AYO BACA : Kabupaten Tasik Kekurangan 106 Ruang Kelas Baru

"Nantinya di museum itu disimpan benda bersejarah yang berkaitan dengan Tasikmalaya. Jadi bisa menjadi pendidikan bagi masyarakat dan anak sekolah, " papar Didin.

Wacana dijadikannya pendopo Kabupaten Tasikmalaya menjadi museum ditanggapi Ujang (35) warga Kecamatan Singaparna. Ujang mengatakan, adanya museum bisa menjadi pembelajaran bagi generasi muda.

"Jadi kan tidak harus jauh ke Jakarta, jadi mudah mengenali sejarah dari Tasikmalaya, " pungkas Ujang.

AYO BACA : Posisi Wabup Tasik Segera Terisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar