Kopi Raja Cigalontang, Coba Raih Hati Penikmat Kopi

  Rabu, 24 Juli 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Dede Arif, salah seorang petani Kopi Raja Cigalontang. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

CIGALONTANG, AYOTASIK.COM -- Hanya butuh waktu lima tahun, Kopi Raja Cigalontang sudah bisa menjadi primadona para penikmat kopi di Tasikmalaya. Kopi berjenis arabica ini bahkan sudah dipasok di sejumlah kafe dan kedai kopi di Tasikmalaya.

Petani Kopi Raja Cigalontang Dede Arif (40) menuturkan, dalam lima tahun terakhir, Kopi Raja Cigalontang sudah mendapatkan tempat di hati para pecinta kopi. Hal ini karena rasa dan aroma kopi yang nikmat.

AYO BACA : Kopi, Penopang Ekonomi Desa Parentas

Awalnya, lanjut Dede, Kopi Raja Cigalontang hanya dinikmati oleh masyarakat Cigalontang saja. Namun seiring waktu, saat kopinya masuk ke kafe dan kedai kopi, banyak penikmat kopi yang mencari kopi raja.

"Lima tahun ini, kan, mulai geliat pecinta kopi muncul. Nah, sejak saat itu banyak penikmat kopi yang mencari kopi raja," papar Dede beberapa waktu lalu.

AYO BACA : Kopi Priangan, Sumbang Ekonomi Pemerintah Kolonial

Kopi Raja Cigalontang, kata Dede, berbeda dengan kopi lainnya. Rasa kopinya sedikit asam, seperti umumnya rasa yang ditimbulkan kopi jenis arabica, namun kopi ini tidak menyebabkan perih pada lambung. Berbeda dengan kopi seduh lainnya yang sering membuat lambung sakit.

"Ini mah tidak ada perih, meskipun ada rada asem. Ciri khas arabica kopi raja kebanyakan begitu. " tambah Dede.

Dalam mengenalkan kopi raja, kata Dede, pihaknya memanfaatkan teknologi informasi dengan mengunggah melalui media sosial di antaranya Facebook dan Instagram. Saat ini, sedikitnya ada lebih dari 80 hektare kopi raja. Diperkirakan, tahun 2020 mendatang, setidaknya 200 hektare bijih kopi raja siap dipanen.

"Kami disana terus melakukan penanaman, agar disaat permintaan banyak, persediaan kopi kam banyak. Pesenan mah sampai dari Jaw Timur juga ada, " pungkas Dede.

AYO BACA : Kopi Banjar Patroman, Produk Lokal Siap Jajal Pasar Dunia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar