Kupat Tahu Mangunreja Masih Eksis sejak 1955

  Jumat, 02 Agustus 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Kupat Tahu Mangunreja ASli di Jalan Raya Garut kilometer 2 , Kampung Toblongan, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya. (Irpan Wahab/Ayotasik.com)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Jika mampir ke Tasikmalaya, wajib rasanya mencicipi Kupat Tahu Mangunreja. Namun pembeli harus teliti, pasalnya banyak pedagang kupat tahu yang mengatasnamakan Kupat tahu Mangunreja. Padahal yang melegenda dan asli hanya ada di Jalan Raya Garut kilometer 2  di Kampung Toblongan, Kecamatan Mangunreja.

Dilihat dari tekstrur dan penyajiannya, Kupat Tahu Mangunreja yang sudah ada sejak 1955 itu berbeda dengan Kupat Tahu Mangunreja yang lainnya. Tekstur kupat yang disediakan padat dan bumbu kacang tidak ditumbuk secara halus. Sedangkan Kupat tahu Mangunreja yang lainnya kupatnya cenderung lembek dengan bumbu kacang ditumbuk begitu halus.

Menanggapi banyaknya warung kupat yang mengatasnamakan Kupat Tahu Mangunreja, pengelola Kupat tahu Mangunreja Lala Nurlaela menuturkan bahwa pihaknya tidak merasa keberatan. Karena para pelanggan dan penikmat Kupat Tahu Mangunreja sudah mengenal rasa dan penyajian.

AYO BACA : Hilangnya Sentra Penghasil Gurame Soang Galunggung

Selain itu, lanjut Lala, pihaknya memasang spanduk yang bertuliskan Kupat Tahu Mangunreja Asli. Hal itu untuk memudahkan para pembeli mengetahui mana Kupat Tahu Mangunreja asli dengan yang palsu.

"Ya bagaimana ya, mau protes mereka juga sama-sama usaha. Ya biarian aja saya mah, yang penting mereka tidak tahu racikan bumbu khas dari kita. Silahkan saja pak rasain sendiri bedanya seperti apa baik dari tekstur maupun penyajian," ujar Lalal kepada ayotasik.com, Jumat (2/8/2019).

Lala menambahkan, pihaknya pernah bermaksud mempatenkan Kupat Tahu Mangunreja dengan legalitas. Namun hal itu batal dilakukan dengan pertimbangan kemanusiaan. Disinggung terkait kehadiran Kupat tahu Mangunreja palsu yang menggerus penghasilan maupun kaburnya pelanggan, Lala menegaskan pihaknya hanya berpasrah dan menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

AYO BACA : Tasikmalaya Pernah Menjadi Ibukota Sementara Jawa Barat

"Rezeki sudah ada yaang atur, kalau bukan masalah usaha saya tadinya akan melawan. Tapi ya sudahlah, toh sama-sama usaha. Kalau pelanggan dan masyarakat sudah tahu mana yang asli mana yang kw, " kata Lala.

Kupat Tahu Mangunreja Berumur 64 Tahun

Lala menuturkan, Kupat Tahu Mangunreja dirintis oleh buyutnya bernama Usam dan Ochi pada tahun 1955. Awalnya mereka berjualan dengan dipikul berkeliling dari kampung ke kampung. Generasi kedua dilanjutkan oleh Maman dan Tirah dan saat ini diurus oleh Lala Nurlaela. Namun meski sudah turun temurun, resep kupat tahu tetap terjaga dengan baik. Maka tidak salah, saat ini masih banyak orang-orang yang penasaran dengan rasa Kupat Tahu Mangunreja.

Karena, tambah Lala, masalah rezeki tak perlu kiranya dipersoalkan. Kebanyakan orang sudah sangat mengenal Kupat Tahu Mangunreja yang diristis oleh keluarganya sejak dulu kala.

"Alhamdulilah ada pelanggan dari ibu saya, ada pelanggan saya dan banyaknya pelanggan baru. Insyaalloh kita masih menjaga cita rasa sampai kapanpun, " pungkas Lala.

AYO BACA : Tasik Geger, Macan Tutul Ditemukan di Kebun Warga

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar