Iduladha Tahun Ini, Harga Domba Alami Kenaikan

  Rabu, 07 Agustus 2019   Irpan Wahab Muslim
Domba kurban. (Irpan Wahab Muslim/Ayotasik.com)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM--Mendekati hari Raya Iduladha, harga jual domba dan kambingĀ  di Pasar Hewan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya naik mencapai 30 persen, Rabu (7/8/2019). Kenaikanya rata-rata Rp200.000 hingga Rp500.000 per ekornya.

Untuk harga jual domba ukuran sedang misalnya, kini bisa mencapai Rp2.500.000 dari harga asalnya Rp2.000.000 saja. Sementara harga jual domba ukuran besar kini dibandrol Rp3.500.000 dari harga asalnya Rp3.000.000 per ekor.

AYO BACA : 7% Sapi di Tasik Belum Layak Kurban

Meski alami kenaikan harga, aktivitas pembeli domba di Pasar Domba Singaparna ini tidak pantas sepi. Justru minggu-minggu ini dipastikan menjadi puncak keramaian pasar menjelang Iduladha.

Selain para pembeli lokal asal Tasikmalaya, ada juga pembeli domba dan kambing ini yang berasal dari luar kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon dan Kuningan. Harga ternak domba diprediksi akan terus naik memasuki moment Iduladha.

AYO BACA : Ritual Kurban Refleksikan Pengikisan Sifat Kebinatangan

\"Memang ada peningkatan hewan yang masuk dan keluar, kurang lebih 30 persen. Untuk harga jual juga sama mengalami kenaikan sekitar 25 sampai 30 persen dari harga semula,\" terang H. Maman, petugas pasar hewan.

Kenaikan harga kambing ini sudah berlangsung sekitar tiga bulan lalu, biasanya harga kembali normal dua minggu setelah Iduladha. Kenaikan harga ini pun mendapatkan tanggapan dari pembeli.

Sejumlah pembeli menuturkan, meski harus mengeluarkan uang tambahan, namun demi menunaikan ibadah kurban harga tidak menjadi persoalan. Terlebih jika kambing dalam kondisi sehat.

\"Sebagai pembeli keberatan, tapi bagaimana lagi untuk ibadah kayaknya tidak ada masalah. Asalkan kondisi kambingnya sehat dan gemuk,\" pungkas Miftah salah satu pembeli kambing.

AYO BACA : Lewat Program Global Qurban 2019, ACT Ajak Muslim Sedunia Berkurban

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar