Waspada Heat Stroke yang Disebabkan Cuaca Panas

  Selasa, 08 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Ilustrasi. (Irpan Wahab Muslim/ayotasik.com)

CIBEUREUM, AYOTASIK.COM -- Kondisi cuaca yang sangat terik akhir-akhir ini mendapatkan perhatian dari salah satu dokter umum di klinik BTH Tasikmalaya dr. Hendro Kasmanto. Hendro mengatakan, beraktivitas fisik terlalu lama di bawah sengatan panas matahari atau lingkungan yang bersuhu tinggi dapat menyebabkan sejumlah gangguan serius pada tubuh, salah satunya heat stroke.

"Heat stroke ini kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu tubuh secara dramatis dalam waktu cepat. Biasanya terjadi saat seseorang merasa kepanasan hebat akibat paparan suhu panas dari sengatan matahari di luar batas toleransi tubuh," kata Hendro kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Hendro menambahkan, heat stroke dapat terjadi tanpa kondisi awal yang berhubungan dengan panas atau kepanasan sebelumnya, seperti kelelahan. Tanda mengalami heat stroke di antarnya kulit yang terasa panas dan kering, serta mengalami demam hingga 40 derajat Celsius atau lebih.

Ciri lainnya, lanjut Hendro, adalah denyut jantung cepat, napas dangkal namun cepat, tekanan darah bisa naik maupun turun, dan pingsan. Dalam kasus yang berat, heat stroke bisa menyebabkan kejang sampai kematian.

"Sengatan panas adalah hal serius yang bisa dialami seseorang, terutama saat berada pada kondisi yang terpapar panas dalam suhu tinggi. dan dalam jangka waktu yang lama. Bisa saja disebabkan tidak adanya angin serta berada dalam situasi kelembapan tinggi," tambah Hendro.

Namun kata Hendro, tidak perlu khawatir, sebab heat stroke bisa dicegah. Caranya, segeralah ke luar ruangan, yang sirkulasi udaranya baik bila ada anggota keluarga merasakan gejalanya. Selain itu, gunakanlah pakaian yang tipis dan tidak panas, serta banyak minum air putih.

"Jika orang tersebut masih mengalami gejala heat stroke setelah proses pendinginan tubuh, terus ulangi upaya tersebut sampai suhu tubuh menurun, " ujar Hendro.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar