Agar Olahragamu Konsisten!

  Rabu, 09 Oktober 2019   Republika.co.id
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOTASIK.COM -- Olahraga teratur menjadi kunci untuk kesehatan yang baik serta pencapaian berat badan yang ideal. Namun, tak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya atau beberapa di antaranya mungkin mengabaikan betapa pentingnya hidup aktif.

Dilansir Health 24, para peneliti telah mengidentifikasi sifat kepribadian yang membuat orang secara konsisten berolahraga hingga mencapai tujuan mereka. Mereka yang memiliki tujuan olahraga lebih baik dibanding lainnya itu disebut sebagai planfulness alias terencana.

Secara mudah, jika Anda sering merencanakan kegiatan yang dilakukan setiap harinya, membuat tujuan, dan konsisten terhadap seluruhnya, maka Anda dipastikan lebih suka terlibat dalam aktivitas fisik dibandingkan mereka yang cenderung tidak merencakan hari-hari mereka di masa depan. Temuan ini dirilis dalam Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.

Menurut Rita M Ludwig sebagai peneliti utama dari Ludwig University of Oregon, beberapa orang tampaknya dapat memenuhi tujuan mereka lebih konsisten daripada yang lain. Tetapi, masih belum jelas apakah ciri dari kepribadian tertentu mempengaruhi hal ini.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa tingkat keteraturan dan ketergantungan telah lama dikaitkan dengan perilaku yang lebih sehat. Sekarang mereka dapat mempersempit pada satu sifat khusus, planfulness, yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pengorbanan singkat untuk mencapai tujuan jangka panjang.

"Tampaknya memang ada cara berpikir tertentu tentang tujuan yang berkorelasi dengan kemajuan jangka panjang. Apa yang baru dalam penelitian ini adalah kami menggunakan ukuran obyektif dari kemajuan tujuan yang dapat dicatat sebagai peserta secara alami menjalani hidup mereka,” ujar Ludwig.

Penelitian ini melibatkan pemeriksaan kehadiran di pusat kebugaran atau gym dari 282 peserta selama 20 pekan. Para peserta, banyak dari mereka adalah siswa, harus memberikan deskripsi tertulis tentang rencana latihan mereka dan menyelesaikan langkah-langkah pengendalian diri, serta karakteristik lain untuk apa yang disebut Skala Planfulness.

Pada akhirnya, mereka dengan skor lebih tinggi untuk memiliki kemampuan untuk merencanakan lebih sering pergi ke gym, dibandingkan mereka dengan skor lebih rendah.

Meski demikian, ada beberapa tip bagi orang-orang yang mungkin bukan memiliki tipe sebagai perencana untuk tetap termotivasi melakukan olahraga secara rutin dan mencapai tujuan mereka untuk sehat :

1. Mulailah dengan hal kecil dan realistis, jadwalkan sesuatu yang mudah seperti jalan kaki 20 menit setiap harinya atau melakukan lompat tali selama 10 menit.

2. Kemudian, rencanakan olahraga dengan teman, hal ini kemungkinan besar membuat Anda lebih bersemangat dan tak ingin mengecewakan janji yang sudah dibuat.

3. Masukkan olahraga saat hari kerja juga sangat penting. Seperti hal-hal kecil, mulailah dengan berjalan cepat saat istirahat makan siang tiba, kemudian pilihlah tangga untuk menuju kantin atau restoran, dibandingkan dengan lift atau elevator.

4. Temukan olahraga yang Anda sukai. Jika berjalan atau berlari mudah membuat Anda bosa, cobalah melakukan olahraga di rumah. Atau, temukan berbagai jenis olahraga yang ada di pusat kebugaran.

5. Olaharaga cocok untuk dimasukkan dalam daftar aktivitas sehari-hari, seperti daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Jadwalkan latihan Anda di dalamnya, bahkan meski hanya 20 menit dalam satu hari.

6. Konsisten sangat diperlukan untuk mencapai hal ini. Biasakan diri dengan ritme aktivitas sehari-hari yang baru, setidaknya selama tiga pekan dan pada akhirnya Anda akan terus terbiasa melakukannya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar