Peduli Lingkungan, Warga Buat Tempat Sampah Bambu

  Jumat, 11 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Sutarsa alias Ujang (39), perajin tempat sampah bambu. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIAWI, AYOTASIK.COM -- Tergugah saat melihat banyaknya tumpukan sampah yang bertebaran di permukiman dan pinggir sungai, Sutarsa alias Ujang (39) warga kampung Binuang, RT 02, RW 10, Desa Pasirhuni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, berinisiatif membuat tempat sampah berbahankan bambu.

Secara mandiri, Ujang membuat tempat pembuangan sampah dari bambu sejak 3 bulan lalu. Sedikitnya sudah ada 50 tempat sampah yang dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat mulai dari lingkungan RW.

"Dibuatkannya tempat sampah ini untuk mengurangi dampak negatif dari sampah serta agar kebersihan lingkungan dapat terjaga," ujarnya, tidak lama ini.

Bahan untuk membuat tempat sampah bambu ini, kata Ujang, berasal dari kebun bambu miliknya. Sedangkan untuk bahan lain seperti paku, usuk dan kayu hasil dari sumbangan tetangga dan warga lainnya.

"Minimalnya warga jadi tidak membuang sampah sembarangan. Buang sampah pada tempatnya. Dan upaya mengurangi  plastik, kebanyakan tempat sampah itu berbahan plastik," tambah Ujang.

Ujang menambahkan, dalam satu hari bisa membuat tiga hingga empat tempat sampah berukuran 30 cm untuk lebar bawah, 35 cm lebar atas, dan tinggi 50 cm. Bahan bambu yang dibutuhkan yaitu 1 batang bambu, ditambah paku, usuk, dan lainnya.

Ujang mengaku, telah menghabiskan uang sebesar Rp1 juta dalam pembuatan tempat sampah. Itu pun menggunakan uang pribadi. Ia mengaku tidak merasa rugi demi kebaikan bersama dan menciptakan lingkungan yang bersih.

"Untuk kebaikan dan lingkungan saya tidak keberatan walaupun harus mengeluarkan uang pribadi," pungkas Ujang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar