Banyak CPNS di Tasik Rubah Data Kependudukan

  Kamis, 14 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Pelayanan kantor Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya disibukkan dengan permohonan perubahan data kependudukan oleh para calon CPNS. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya tengah disibukkan dengan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang hendak memperbaiki data dokumen kependudukan.

Perubahan data kependudukan itu terjadi pada KTP dan akta kelahiran, meskipun hanya perubahan kecil seperti mengganti huruf, kata atau tanggal. Diterangkan bahwa itu terjadi seiring dibukanya rekrutmen CPNS.

"Untuk perubahan KK semua sudah tahu, jika itu bisa diselesaikan di Kecamatan. Kalau secara jumlah pemohon itu tidak membludak," kata Plt Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Ano Gani Poniman, Kamis (14/11/2019).

Perubahan data tersebut menjadi penting agar bisa login ke server badan kepegawaian nasional (BKN) untuk mendafar secara online.

Ditambahkan Ano, Disdukcapil memberikan layanan khusus untuk membantu CPNS masuk atau login ke server BKN.

"Kta bantu melakukan konsolidasi manual ke Kemendagri lewat server Disdukcapil untuk merubah ketidakvalidan data kependudukan CPNS," ujarnya.

Menurut Ano, kasus CPNS yang sering ditemukan dalam hal data kependudukan adalah perbedaan data NIK kependudukan yang masih menggunakan data lama di server atau KK-nya masih bergabung dengan orang tua.

"Sehingga NIK barunya, belum tercatat. Ada juga yang pindah dari kota ke kabupaten, data nya masih yang dulu jadi tidak valid," ucapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar