BPBD Kabupaten Tasik Bentuk Desa Tangguh Bencana

  Jumat, 15 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Seremoni pembentukan desa tangguh bencana oleh BPBD Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SUKAHENING, AYOTASIK.COM -- Kondisi Kabupaten Tasikmalaya yang rawan bencana menuntut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh menghadapi bencana.

Pembentukan desa tangguh bencana merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPBD. Dalam pembentukan desa tangguh bencana ini, BPBD memberikan pengetahuan tentang kebencanaan kepada sejumlah perwakilan relawan penanggulangan bencana, tokoh masyarakat, dan perangkat desa.

Materi pembekalan kebencanaan itu di antaranya mitigasi bencana dan pelatihan penyusunan rencana kontingensi baik secara teknis maupun praktik lapangan

“Sehingga pada saatnya nanti terjadi bencana  mereka siap selamat dan menyelamatkan orang lain,“ kata kasi kesiap siagaan BPBD Kabupaten Tasikmalaya Adi Gita Nugraha, Jumat (15/11/2019).

Penyusunan rencana kontingensi bencana, kata Adi, nantinya akan diterapkan dalam simulasi penangan bencana alam. Hal tersebut guna menguji kesiapan masyarakat dalam penyelamatan sehingga tidak hanya menyelamatkan tetap mereka juga selamat dari bencana.

“Pembentukan desa tangguh bencana ini akan terus dilakukan secara bertahap karena diakui wilayah kita ini rawan terjadinya bencana, baik banjir, tanah longsor, tsunami maupun gunung merapi,“ kata Adi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar