Disdik Kabupaten Tasik Canangkan Seniman Masuk Sekolah

  Sabtu, 16 November 2019   Irpan Wahab Muslim
Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dindin Saepudin menuturkkan, akan menggelorakan program seniman masuk sekolah.

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM – Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dindin Saepudin menuturkkan, akan menggelorakan program seniman masuk sekolah.

Hal ini didasarkan pada pengaruh kesenian yang berdampak baik terhadap perkembangan karakter siswa.

"Saya ingin ke depan setiap sekolah bisa menampilkan pagelaran-pagelaran kebudayaan dalam acara kenaikan kelas di sekolah," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (16/11/2019).

Selain membentuk karakter melalui kesenian, program seniman masuk sekolah itu, kata Dindin, untuk memanfaatkan alat atau sarana yang ada di sekolah seperti gamelan yang didapat dari bantuan pemerintah.

“program itu nantinya mengajari anak-anak supaya bisa berkesenian langsung kepada maestronya masing-masing yang ada di daerah tersebut, “ paparnya.

Tasikmalaya yang kaya akan kesenian tradisional itu harusnya terus dirawat dan dikenalkan kepada siswa. Dindin menyebut, ada banyak kesenian dari Tasikmalaya yang memang saat ini tidak dilirik oleh generasi muda, seperti Pagerageungan dari Pageurageung, Angklung Buncis dari Manonjaya, Angklung Sered dari Mangunreja, Lodong Geujlig dari Leuwisari, Cibalongan dari Cibalong, dan Aseuk Hatong dari Cipatujah.

"Budaya milik Tasikmalaya juga bisa dikembangkan, bisa tergugah kembali khususnya dalam dunia pendidikan," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar