Viral, Warga Masuk Gorong-Gorong Demi Bersihkan Sumbatan

  Senin, 13 Januari 2020   Irpan Wahab Muslim
Tangkapan layar pada video aksi nekat relawan BPBD Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Andi Rizki Hermawan (30), membersihkan gorong-gorong di depan Masjid Agung Rajapola. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

RAJAPOLAH, AYOTASIK.COM -- Aksi nekat relawan BPBD Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Andi Rizki Hermawan (30), membawa decak kagum sekaligus keheranan orang-orang. Pasalnya, beberapa pekan lalu, dirinya nekat membersihkan gorong-gorong di depan Masjid Agung Kecamatan Rajapola yang dipenuhi sampah.

Aksi Andi yang direkam ini pun lantas menyedot perhatian netizen di sejumlah platform media. Muhammad Asep (33) warga Rajapolah yang melihat aksi Andi menuturkan, aksinya itu dibubuhi keberanian yang tak tanggung.

"Dilihat di video itu kan airnya kotor, sampahnya banyak pasti itu bau dan sumber penyakit. Bener saya salut saya yang ada di video itu," ujar Asep, Seniin (13/1/2020).

Dihubungi terpisah, Andi yang bekerja sebagai aparatur Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah itu menuturkan, aksinya merupakan spontanitas karena melihat gorong-gorong tersumbat oleh tumpuka  sampah.

Aksinya itu, kata Andi, merupakan panggilan jiwa dan tidak ada paksaan dari siapapun. Andi juga tidak mengetahui aksinya itu ada yang merekam.

"Mungkin lebih kepada panggilan jiwa kerelawanan ya pak, tidak ada paksaan dari siapapun. itu spontanitas saya saja," ujarnya.

Andi pun berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah ke selokan atau gorong-gorong, karena bila tersumbat bisa menyebabkan banjir.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar