Penumpang Kendaraan Umum di Cek Suhu Tubuh

  Rabu, 25 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Kegiatan rapid test yang ditujukkan kepada awak penumpang kendaraan umum di Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SALAWU, AYOTASIK.COM -- Kabupaten Tasikmalaya gencar melakukan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan sejumlah upaya. Salah satunya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan menyemprotkan cairan disinfektan ke dalam kendaraan umum.

Upaya itu dilakukan oleh tim gabungan dari Polres Tasikmalaya, TNI, Kesbangpol, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, serta Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) yang diwakili oleh tenaga medis dari Puskesmas Salawu, Rabu (25/3/2020)

Pengecekan dilakukan sesuai dengan arahan dan surat edaran Bupati Tasikmalaya yakni kegiatan sterilisasi secara serentak di wilayah Kabupaten Tasikmalaya baik di tempat umum maupun kendaraan.

Kabag Ops Polres Tasikmalaya AKP Cucu Juhana mengatakan, operasi rapid test atau pengecekan cepat terhadap kendaraan angkutan umum berpenumpang ini dilakukan bagi kendaraan dari arah Garut menuju ke Tasikmalaya.

"Penumpang termasuk supir dan kondektur diturunkan selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan termasuk di cek suhu tubuh oleh petugas medis dari UPT Puskesmas Salawu," terang Cucu.

Selain itu, kata Cucu, tim gabungan juga menyemprotkan cairan disinfektan ke kursi penumpang termasuk barang-barang dan bagasi kendaraan. Kemudian, para awak kendaraan umum disuruh untuk mencuci tangan dengan sabun dan memakai hand sanitizer.

"Kami tim gabungan menyiapkan meja pelayanan cek kesehatan dan suhu tubuh termasuk hand sanitizer atau antiseptik di depan UPT Puskesmas Salawu," kata Cucu.

Cucu menerangkan, banyak warga Tasikmalaya yang hilir mudik dari atau ke daerah yang terpapar kasus virus Covid-19. Maka langkah ini sebagai antisipasi.

Adapun dari hasil pengecekan ini, ungkap Cucu, secara umum baik penumpang atau supir dan kondektur tidak ada yang mengalami gejala Covid-19.

"Rata-rata masih di ambang batas normal. Suhu badannya 36 derajat ke bawah. Ya mungkin saja suhu badan panas karena sedang dalam kendaraan atau kecapean," ujar Cucu

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar