Pemkab Tasik Siapkan Rp100 Miliar untuk Penanganan Covid-19

  Selasa, 31 Maret 2020   Irpan Wahab Muslim
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Pemkab Tasikmalaya sudah menyiapkan anggaran demi menangani penyebaran virus Covid-19. Jika ditotalkan kemampuan anggaran yang mungkin digelontorkan mencapai Rp100 miliar.

"Sementara kita tidak menggangarkan (khusus) karena seluruh program kegiatan kami lakukan penundaan. Hal-hal yang tidak berhubungan dengan masyarakat langsung, seperti kesehatan, pendidikan kami lakukan blocking anggaran," jelas Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto melaporkan perkembangan penanggulangan kasus Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya bersama Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Gedung Setda Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (31/3/2020).

Ade menambahkan, fokus anggaran yang telah diblokir ini dialihkan untuk pencegahan penyebaran Covid -19 dengan catatan bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Artinya seluruh anggaran tersebut, ditegaskan Ade, seluas-kuasnya dijadikan sebagai cadangan dana bukan sebagai dana cadangan Covid-19.

Makanya sampai kini pihaknya terus menginventarisir anggaran mana saja yang sifarnya urgen bagi masyarakat dan anggaran mana yang bisa ditunda serta dialihkan untuk penanganan Covid-19.

"Sampai dengan sekarang dikira-kira masih kita proses (hitung). Namun sekitar diangka Rp100 miliar kami masih bisa menyediakan, sebagai upaya penanganan Covid-19 ini," jelas Ade.

Ade berargumen, bila di tingkat pusat saja, pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19 bisa dilakukan. Bahkan saat ini untuk seluruh DAK (Dana Alokasi Khusus), baik yang sedang berjalan dan akan berjalan, harus dihentikan. Terkecuali anggaran yang diperuntukan untuk kesehatan dan pendidikan.

Melihat itu, maka DAK saja bisa dipergunakan, apalagi anggaran lainnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, baik dari Bantuan Provinsi maupun APBD. Meski demikian, Ade menegaskan, jangan sampai salah kaprah mengartikan keberadaan anggaran itu. Anggaran tetap dari satuan perangkat daerah, tetapi pelaksanaannya lebih dulu diutamakan pada penanganan Covid-19.

Sementara disinggung soal data update Covid-19, di Kabupaten Tasikmalaya saat ini ODP berjumlah 454 orang, PDP 9 orang, dan belum ada warga dinyatakan positif Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar