Pandemi Covid-19, UMKM Perajin Kue Ubah Target Produksi dan Pemasaran

  Sabtu, 16 Mei 2020   Irpan Wahab Muslim
Pandemi Covid-19, UMKM Pengrajin Kue Ubah Target Produksi dan Pemasaran

INDIHIANG, AYOTASIK.COM - Berada ditengah-tengah pandemi Covid-19, membuat pelaku UMKM harus pintar mensiasati strategi bisnis. Jangan sampai, bisnis yang sudah berjalan selama bertahun-tahun, hancur akibat dampak dari penyebaran Covid-19.

Penyesuaian strategi pun dilakukan oleh sejumlah UMKM, salah satunya Novitizi Cookies. Produsen kue kering dari Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya ini menurunkan target produksi dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Owner Novitizi Cookies Vianti menuturkan, terjadinya pandemi Covid-19 membuat target produksi terpaksa diperkecil. Awalnya, produksi ditargetkan mencapai 1000 buah pada bulan Ramadan ini, namun dengan adanya pandemi hanya 600 buah.

"Awalnya kita akan membuat 11 varian, tapi kita perkecil kembali jadi 7 varian. Kita juga stok bahan bahan sebelum pandemi virus corona ini semakin meluas, " kata Vianti, Sabtu (16/5/2020).

Vianti menambahkan, meskipun bahan dasar pembuatan kue mengalami kenaikan, pihaknya tidak menaikkan harga penjualan. Hal itu, dilakukan agar target tetap terpenuhi dan cukup bisa dijangkau konsumen.

Sementara untuk mensiasati agar penjualan tetap prima, kata Vianti, pihaknya melakukan promosi iklan ke hampir 10 orang social media influencer dengan menampilkan beberapa varian parcel.

"Agar secara visual lebih menarik dan memberikan experience shopping pada pelanggan Alhamdulillah pengaruh sosial media cukup membantu dlm penjualan," kata Vianti.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar