Garut Targetkan 23 Ribu Tes Swab Covid-19

  Rabu, 02 September 2020   Republika.co.id
Seorang warga menjalani tes swab. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

GARUT, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kabupaten hingga saat ini telah melakukan tes swab kepada kepada sekitar 13 ribu orang. Adapun targetnya mencapai 23 ribu orang.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, Pemkab Garut menargetkan dapat melakukan tes swab kepada 23 ribu warganya. Terget itu diperkirakan dapat diselesaikan pada Oktober 2020.

“Nanti sisanya kita kejar, September sampai dengan Oktober. Untuk di sini hari ini sekitar 300 pegawai RSUD dr Slamet," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (1/9/2020), dilansir dari Republika, Rabu (2/9/2020).

Menurut Helmi, di Kabupaten Garut terdapat 1.500 orang tenaga kesehatan (nakes) yang harus dilakukan tes swab. Ia menilai untuk melakukan tes swab kepada seluruh nakes itu setidaknya dibutuhkan waktu selama sepekan.

Ia mengatakan, Pemkab Garut telah membeli alat pemeriksaan sampel swab serta telah mendapat bantuan dari BNPB dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). "Dengan tersedianya alat di sini, sekitar 290 orang per hari bisa diperiksa swab,” ujar dia.

Helmi menilai pegawai puskesmas dan rumah sakit seharusnya menjadi prioritas utama dalam melaksanakan tes swab. Namun, pelaksanaan tes swab secara menyeluruh kepada nakes baru dapat dilakukan saat ini.

"Ini baru dilaksanakan karena mereka selama ini betul-betul fokus melayani, makanya kita melaksanakan pemeriksaan. Mudah-mudahan tidak ada yang positif,” kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar