Razia Protokol Kesehatan Covid-19 di Tasik Jaring Puluhan Warga Tak Pakai Masker

  Kamis, 17 September 2020   Irpan Wahab Muslim
Warga diukum Pusat karena tidak mematuhi protokol Covid-19 (Irpan/AyoTasik)

SINGAPARNAAYOTASIK.COM -- Peningkatan angka penderita Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya diiringi dengan intensitas operasi pendisiplinan protokol kesehatan yang tinggi. Hampir setiap hari, gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 gencar melakukan razia protokol kesehatan di beberapa titik.

Pada, Kamis (17/9/2020) misalnya, gugus tugas yang terdiri dari anggota kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan melakukan razia protokol kesehatan terutama penggunaan masker di dua tempat, yakni perempatan Cipasung Kecamatan Singaparna dan di Mapolres Tasikmalaya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP. Hendria Lesmana mengatakan, kegiatan Operasi penegakan pendisiplinan protokol kesehatan dilaksanakan secara rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan Tiga Pilar,”kata Hendria.

Dalam  operasi pendisiplinan itu, kata Hendria, pihaknya tidak hanya melakukan teguran kepada pelanggaran protokol kesehatan.  Sanksi fisik, sanksi sosial hingga sanksi tertulis pun diterapkan. 

Dari data yang dihimpun Ayotasik.com, di dua tempat itu setidaknya ada 7 orang yang disanksi fisik berupa push-up, 12 orang disanksi  sosial berupa membersihkan jalanan dari sampah dan 24 orang diberikan sanksi tertulis berupa surat pernyataan.

"Mereka rata rata itu, tidak menggunakan masker. Ada yang membawa tapi tidak memakai, ada yang tidak memakai sama sekali, " ujar Hendria.

Hendria menambahkan, operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan gencar digelar bertujuan agar masyarakat benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar