Tertinggi Kasus Covid-19, Warga Cipatujah Waswas

  Rabu, 23 September 2020   Irpan Wahab Muslim
Melawan virus corona dengan disinfeksi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Catatan gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah menjadi wilayah paling banyak kasus Covid-19. Dalam data sigesit119.tasikmalayakab.go.id, terdapat 25 kasus terkonfirmasi positif, 310 kontak erat, 39 suspek, dan 0 probabel di kecamatan itu.

Sejumlah warga yang ditemui Ayotasik.com, mengaku khawatir dengan kondisi ini. Ujang Nandar (30) warga Desa/Kecamatan Cipatujah menuturkan, selama ini ia tidak tenang dalam menjalankan aktivitas. Ia kerap waswas, meskipun dalam setiap bekerja ia selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Ada takut pak, namanya juga manusia biasa. Ditambah virusnya tidak terlihat jadi khawatir takut," kata Ujang melalui sambungan telepon, Rabu (23/9/2020).

Hal senada diucapkan Abdul Matin (40) warga Desa Padawaras, Kecamatan Cipatujah. Ia yang berprofesi sebagai pedagang mengaku khawatir saat bertemu dengan orang lain. Perasaan ini muncul seiring kabar kasus Covid-19 di wilayahnya semakin tinggi.

"Kalau ada yang beli jadi ketakutan sendiri. Selalu langsung cuci tangan atau pakai handsanitizer. Kita juga enggak tahu yang datang beli ke toko itu orang tanpa gejala atau tidak," ucap Matin.

Sementara itu, Kades Padawaras Yayan Siswandi tak menampik bahwa ada warganya yang khawatir lantaran kasus Covid-19. Namun dia mengatakan, yang terpenting, warga bisa taat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus.

"Waspada harus, tapi panik jangan. Itu saja sih saran saya sebagai pemerintah kepada masyararakat. " ucap Yayan.

Pihaknya, tutur Yayan, selalu mengingatkan kepada masyarakat melalui RT Siaga Covid-19 yang sudah dibentuk untuk selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada.

Namun, meskipun sosialisasi sudah digencarkan, lanjut Yayan, tingkat kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan masih rendah.

"Tingkat kesadaran variatif kalau saya liat, ada yang sudah menerapkan ada juga yang belum. Tapi yang pasti, kesadaran di masyarakat saya liat masih rendah," ucap Yayan.

Dari data sigesit119.tasikmalayakab.go.id hingga Rabu (23/9/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tasikmaya mencapai 62 orang, kontak erat 673, suspek 1.594, dan probabel 8 orang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar