Napi Kasus Narkoba di Lapas Kelas IIB Tasik Dites Urine

  Jumat, 16 Oktober 2020   Heru Rukanda
Warga binaan kasus narkoba di Lapas Klas IIB Tasikmalaya dites urine petugas sebagai langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas, Jumat (16/10/2020). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG,AYOTASIK.COM -- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tasikmalaya mengetes urine 30 narapidana kasus narkoba, Jumat (16/10/2020). Pemeriksaan urine ini sebagai upaya antisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas.

Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas IIB Tasikmalaya Redi Agian mengatakan, kegiatan tes urine ini rutin dilakukan setiap bulan kepada warga binaan khusus kasus narkoba.

"Kami melakukan tes urine ini secara mendadak tanpa diketahui oleh siapapun hanya saya dan kalapas. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak Satnarkoba Polresta Tasikmalaya dan BNN Tasikmalaya," ujar Redi.

Redi menambahkan, pihaknya sudah memaksimalkan pembinaan agar para warga binaan ini tidak kembali ke penyalahgunaan narkoba. Jika ditemukan ada warga binaan yang positif menggunakan narkoba, pihaknya akan langsung menyerahkan ke polisi atau BNN untuk ditindak lanjuti.

"Mudah-mudahan semua warga binaan yang di tes urine hari ini sebanyak 30 orang hasilnya negatif," ujar Redi.

Selain tes urine, pihak lapas juga melakukan razia kamar secara acak sebagai langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, Kepala Unit Satu Satuan Narkoba Polresta Tasikmalaya Ipda Wahidin mengatakan, dalam penanganan kasus narkoba pihaknya selalu berkoodinasi dengan pihak lapas apabila ada dugaan warga binaan yang terlibat.

"Koordinasi dengan pihak lapas sangat baik. Hari ini saja kami mendampingi tes urine warga binaan lapas khusus kasus narkoba," ujar Wahidin.

Dari 30 sampel urine yang diperiksa petugas tidak menemukan adanya warga binaan yang mengomsumsi narkoba.

"Alhamdulillah hasil seluruhnya negatif tidak ada yang menyalahgunakan narkoba," ujar petugas BNN Kota Tasikmalaya, Novian.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar