Sepi Kunjungan, Omzet Pedagang Situ Gede Turun Hingga 60%

  Jumat, 16 Oktober 2020   Heru Rukanda
(Objek wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya sepi pengunjung, Jumat, (16/10/2020) (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

MANGKUBUMI, AYOTASIK.COM -- Para pedagang di kawasan objek wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya mengaku omzet penjualan mereka berkurang sejak pandemi lantaran kunjungan wisatawan yang menurun.

Agus Kurniawan (32) salah seorang pedagang nasi dan ikan bakar mengatakan, jumlah pengunjung yang datang ke Situ Gede dalam 2 pekan terakhir berkurang. Kondisi tersebut tentunya berdampak pada penghasilan para pedagang yang ada di kawasan Situ Gede.

"Omzet saya turun hingga 60% kang. Bahkan ada yang sampai menutup kiosnya karena kurangnya yang datang," ujar Agus, Jumat(16/10/2020).

Hal senada diutarakan Siti (40) pedagang lainnya di objek wisata Situ Gede. Menurutnya, wisatawan yang datang paling yang berolahraga ataupun bersepeda.

"Biasanya kalau hari jumat, sabtu, dan minggu itu banyak yang datang kesini. Sudah 2 minggu ini sepi pengunjung sepi,"ucap Siti.

Turunnya omzet juga diakui oleh Soni (58), seorang tukang sewa perahu di Situ Gede. Dalam sehari dia hanya jalan dua kali membawa pengunjung keliling Situ Gede.

"Saya punya 2 perahu untuk disewakan membawa pengunjung keliling Situ Gede. Kalau lagi rame saya bisa membawa uang satu juta hasil dari 2 perahu dengan uang sewa Rp 10.000. Dia akhir pekan paling besar dapat Rp 400 ribu," ujar Soni.

Berkurangnya jumlah kunjungan dibenarkan oleh penjaga tiket masuk objek wisata Situ Gede, Cucu (50).
Menurutnya, wisatawan yang datang turun hingga 75 persen.

"Yang datang kesini dalam sehari paling sekitar 250 orang. Sepi sekarang mah kang," ujar Cucu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar