Belasan Pelanggar Prokes Disanksi Bersih-Bersih Sampah

  Minggu, 18 Oktober 2020   Heru Rukanda
Pelanggar protokol kesehatan diberi sanksi sosial oleh satgas Covid-19 berupa bersih-bersih sampah, Minggu, (18/10/2020) (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM --Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Tasikmalaya terus menggencarkan razia untuk mendisiplinkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (Prokes). Kali ini razia protokol kesehatan dilakukan di kompleks olahraga Stadion Wira Dadaha, Minggu, (18/10/2020).

Dalam razia tersebut Satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Sub Denpom, BPBD, Satpol PP, dan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, berhasil menjaring belasan pelanggar protokol kesehatan terutama yang tidak memakai masker.

"Para pelanggar kami beri sanksi berupa sanksi sosial bersih-bersih sampah dan push up serta denda untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang abai protokol kesehatan," ujar perwira pengendali 2, Lettu. Inf. Puryanto.

Menurutnya, kompleks olahraga Dadaha ini ramai dikunjungi masyarakat setiap akhir pekannya. Pihaknya sengaja memfokuskan lokasi razia di Dadaha karena banyak kerumunan massa, sehingga perlu diingatkan untuk tetap menjaga jarak.

"Selain menindak yang melanggar protokol kesehatan, kami juga terus menyosialisasikan tentang 3M ke masyarakat," tambah Puryanto.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, dari hasil pemantauan dan pengawasan yang dilakukan satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya, sekitar 70% warganya sudah memakai masker dalam beraktivitas di luar rumah.

"Saat ini yang perlu ditingkatkan dan diingatkan soal menjaga jarak. Saya masih melihat kerumunan orang dan dikhawatirkan terjadinya penularan," ujar Budi.

Menurut Budi, tim patroli satgas Covid-19 yang melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemantauan penerapan protokol kesehatan ini, sebelumnya diberikan arahan agar bersikap humanis terhadap masyarakat saat menjalankan tugasnya.

"Dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid 19, pemantauan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan agar masyarakat menjadi lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan," ucap Budi.

Budi berharap peran serta masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya dengan cara melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar