Satreskrim Polresta Tasikmalaya Ciduk 2 Komplotan Curanmor

  Kamis, 04 Maret 2021   Heru Rukanda
Barang bukti 19 unit kendaraan bermotor hasil pencurian diamankan Polresta Tasikmalaya, Kamis (4/3/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda).

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Tasikmalaya berhasil mengungkap komplotan maling kendaraan bermotor roda 2 yang beraksi di Kota Tasikmalaya.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan 2 dari tersangka pencurian kendaraan bermotor roda 2 berinisial AWS alias Kobra (45) dan EJ (28) warga Kabupaten Garut, Kamis (4/3/2021).

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, terbongkarnya kasus pencurian bermotor ini berawal dari patroli siber dalam gelaran operasi jaran 2021.

"Awalnya tersangka EJ selaku penadah menjual kendaraan hasil curian di media sosial facebook, kemudian dilakukan penyelidikan dan ternyata sepeda motor yang dijual tersangaka hasil curian. Sepeda motor hasil curian dijual tersangka dengan harga Rp3 juta hingga Rp 5 juta di media sosial," ujar Doni, Kamis (4/3/2021).

Dari kicauan EJ, kemudian dikembangkan hingga ke tersangka AWS alias Kobra yang berperan sebagai pemantau situasi tempat kejadian perkara (TKP) dan joki motor hasil curian.

"Kami masih kejar seorang pelaku lainnya yang berperan sebagai pemetik atau pencuri langsung berinisial AGS asal Lampung," ucapnya.

Doni menuturkan, komplotan ini beraksi dalam kurun waktu Agustus 2020 sampai Februari 2021. Tersangka beraksi di 7 TKP di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Barang bukti yang berhasil diamankan berupa 19 unit kendaraan bermotor roda 2, kunci letter T berikut anak kuncinya berupa astag untuk penghancur lubang kunci dan membuka kunci kontak kendaraan," ungkapnya.

Atas perbuatan tersangka EJ dijerat pasal 480 KUH Pidana tentang penadahan barang hasil kejahatan dengan ancaman 4 tahun penjara dan tersangka AWS dijerat pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar