Survei: Dede Sudjarat hingga Evie Tamala Raup Popularitas untuk Pilwalkot Tasik

  Kamis, 04 Maret 2021   Heru Rukanda
Bale Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Kendati masa jabatan Wali Kota Tasikmalaya dan Wakilnya masih menyisakan waktu kurang dari 2 tahun, akan tetapi sejak awal tahun 2021 ini sudah mulai bermunculan sejumlah tokoh yang digadang-gadang bakal maju dalam perhelatan pemilihan Wali Kota Tasikmalaya dan Wakilnya.

Salah satu lembaga survei, Landscape Research Institute (LRI)  bahkan telah melakukan survei sejak 14 sampai 24 Januari 2021 dengan jumlah responden sebanyak 440 orang. Dari beberapa isu yang disurvei salah satunya terkait isu pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya.

Peneliti senior LRI yang juga pengamat politik Tasikmalaya, Maulana mengatakan, ada 12 nama yang muncul berikut dengan popularitasnya pada hasil survei yang dilakukannya.

"Kami lakukan survei pada Januari 2021 lalu. Hasilnya memang ada 12 tokoh yang muncul," ujar Maulana, Kamis (4/3/2021).

Ia menyebut, kendati belum ada kepastian pemilu berlangsung pada tahun 2022 atau 2024, setidaknya ada 12 tokoh yang populer dan memiliki kans untuk manggung di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Pertanyaan yang diajukan kepada responden yaitu Apakah Bapak/Ibu/saudara kenal dengan tokoh tokoh ini? Berikut surveyor memberikan foto tokoh melalui alat bantu,” ucapnya.

Dari hasil survei tersebut, jika diurut berdasarkan tingkat poparitas, mantan Wakil Wali Kota Tasikmalaya periode 2012-2017 yakni Dede Sudrajat berada di urutan pertama dengan 80,45%.

Disusul ke 2 artis asal Tasikmalaya Evie Tamala 75,22%, kemudian di posisi ke 3 Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf 65,9%.

Sementara pengusaha asal Tasikmalaya Yanto Aprianto diurutan ke 4 dengan 18,18%, urutan ke 5 muncul nama politisi senior PPP yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Agus Wahyudin 17,95%, di posisi 6 Politisi Partai Gerindra yang juga Anggota DPRD Provinsi Jabar, Viman Alfarizi 15,68%.

Di samping itu, posisi ke 7 ada Politisi PDIP yang juga Anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Rahmat Soegandar 15,45%, posisi 8 tokoh agama KH. Aminudin Bustomi 15,22 %, posisi 9 Politisi PDIP yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Muslim 13,18%, posisi 10  Politisi PKS yang juga anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Dede Muharam 12,27%, posisi 11 aktivis Tasikmalaya, Aka Bonanza 9,09%, dan di urutan terakhir Politisi Partai Gerindra yang juga Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim dengan popularitas 7,27% dan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tasikmalaya Nandang Suryana 7,04%.

“Metode yang kami gunakan adalah Proportionate Stratified random sampling dan margin of eror (MoE) sebesar 4,8%. Responden tersebar di 10 kecamatan dan di 69 Kelurahan Kota Tasikmalaya. Responden tidak bias pada segmen tertentu karena melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dan kartu bantu (foto calon),” kata dia.

Ia menambahkan, popularitas memang bukan jaminan layak tidaknya untuk maju pada pilkada. Masih banyak faktor lain dan pemilu juga diprediksi akan berlangsung pada 2024 mendatang, jika melihat perkembangan informasi terakhir.

“Ada juga variabel partai mana yang mengusung, lalu tingkat keterpilihan dan banyak lagi,” pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar