Harga Cabai Rawit Merah di Tasik 'Kian Pedas', Tembus Rp130 ribu

  Jumat, 05 Maret 2021   Irpan Wahab Muslim
pedagang sayuran di pasar Singaparna (Ayotasik.com/Urpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Harga cabai rawit merah di Pasar Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya menembus harga Rp130.000 per kilogram, Jumat (5/2/2021). Kenaikan harga ini juga terjadi pada jenis cabai lainya seperti cabai kriting Rp60.000 perkilogram dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram, cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp60.000 perkilogram men jadi Rp80.000 perkilogram.

Lilis (43) pedagang sayuran di pasar Singaparna mengatakan, kenaikan harga paling dominan terjadi pada komoditas cabai. Kenaikan juga terjadi pada minyak curah yang biasanya Rp10
000 perkilogram menjadi Rp14.000 perkilogram.

"Paling menonjol itu kenaikan di berbagai jenis cabai. Minyak curah juga naik. Kenaikan juga di tomat, mentimun tapi tidak tinggi," ujar Lilis.

Lilis menambahkan, kenaikan harga komoditas cabai ini sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Ia pun merasa heran, karena biasanya harga kembali normal dalam satu bulan.

"Aneh, udah lebih dari tiga bulan terus merangkak. Biasanya sebulan kenaikan langsung turun, ini mah naik terus," ujar Lilis.

Dihubungi terpisah, Teguh (38) petani cabai asal Kecamatan Taraju menuturkan, kenaikan harga komoditas cabai di pasaran diduga akibat banyak petani yang mengalami gagal panen akibat serangan hama. Ditambah cuaca yang seringkali turun hujan.

"Iya, ada serangan hama. Cabai jadi busuk di pohonnya. Sama ini kan cuaca hujan terus jadi pengaruh juga ke cabainya," ucap Teguh. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar