Ciduk Peredaran Miras di Tasik, Kapolsek Tawang Nyamar Jadi Pembeli

  Jumat, 05 Maret 2021   Heru Rukanda
Kapolsek Tawang Iptu Nandang saat menyamar jadi pembeli miras untuk mengungkap peredaran miras di wilayah hukumnya, Kamis (4/3/2021). (Ayotasik.com/dok. Polsek Tawang).

TAWANG, AYOTASIK.COM -- Peredaran minuman keras (miras) di Kota Tasikmalaya sudah cukup memprihatinkan. Hampir setiap pekan, aparat berwenang mendapati orang-orang yang sedang mengonsumsi miras, baik miras pabrikan maupun miras tradisional.

Guna mengungkap dan meminimalisiasi peredaran miras di kota berjuluk kota santri ini, pihak kepolisian mengintensifkan razia penyakit masyarakat (pekat). Bahkan, Kapolsek Tawang Iptu Nandang Rokhmana yang baru menjabat sekira satu minggu melakukan penyamaran untuk megungkap peredaran miras di wilayah hukum Polsek Tawang.

Upaya yang dilakukan Nandang pun berbuah hasil. Setidaknya puluhan botol miras berbagai merek dan jenis dapat disita dari dua orang pedagang di Jalan BKR, Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

“Saya kan baru seminggu menjabat sebagai Kapolsek Tawang. Jadi mungkin si pedagang miras ini tidak mengenal saya saat mencoba membeli. Setelah dipastikan ada mirasnya langsung saya gerebek,” ujar Nandang, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya, kendati baru seminggu menjabat kapolsek, tapi laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan miras ini cukup banyak diterima. Dalam menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut, pihaknya kemudian melakukan pengintaian di lokasi yang disinyalir menjadi tempat transaksi penjualan miras.

“Mungkin sekira 10 menitan saya memantau di lokasi Jalan BKR. Saya perhatikan banyak remaja yang mendatangi ke sebuah warung dan ternyata pulangnya membawa kantong plastik hitam yang diduga miras. Saya curiga, kenapa banyak remaja yang datang ke warung tersebut malam-malam. Saya kemudian mencoba pura-pura belanja dan menanyakan miras ke pedagang. Ternyata memang benar remaja-remaja itu membeli miras,” ucapnya.

Pengalamannya sebagai kanit reskrim di Polsek Indihiang dan kerap mengungkap miras, menjadi bekal Nandang dalam mengungkap peredaran miras di wilayah Polsek Tawang. Di hari ke-2 menjabat Kapolsek Tawang, ia mengungkap peredaran miras tradisional jenis tuak yang dijual oleh seorang oknum juru parkir di sekitar alun-alun Kota Tasikmalaya.

“Beberapa hari lalu juga saya temukan puluhan kantong plastik miras tuak yang disimpang pemiliknya di sekitar gedung Galih Prawesti. Sayang pemiliknya kabur saat kami datang ke lokasi,” kata Nandang.

Tak hanya itu, penjualan miras dengan kedok jualan gorengan di Jalan RAA Wiratanunungrat juga berhasil dibongkar Iptu Nandang. Penjualnya pun diring ke Mapolsek Tawang dan dikenai sanksi tindak pidana ringan (Tipiring).

“Jadi mirasnya disimpan di dalam gerobak gorengan. Sudah beberapa bulan ternyata berjualan miras di sana dengan modus jualan gorengan,” ungkapnya.

Nandang memastikan, pihaknya bersama anggota akan terus komitmen untuk meminimalisir peredaran miras di Kota Tasikmalaya, khususnya di wilayah hukum Polsek Tawang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar