Warga Tasik Selatan Antusias Buat SIM di Polsek Karangnunggal

  Jumat, 05 Maret 2021   Irpan Wahab Muslim
Seorang pemohon pembuatan SIM di Polsek Karangnunggal mencuci tangan sebelum mengikuti pelayanan uji SIM. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

MANGUNREJA, AYOTASIK.COM -- Pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polsek Karangnunggal sudah dibuka oleh Satlantas Polres Tasikmalaya pada Rabu (3/3/2021). Antusiasme masyarakat di Tasikmalaya Selatan (Tasela) cukup tinggi dengan dibukanya outlet SIM tersebut.

Di outlet pelayanan SIM Polsek Karangnunggal ini, protokol kesehatan diterapkan secara ketat, ditandai dengan adanya ruangan dan empat kursi duduk yang tidak berdekatan dalam mengikuti uji kelayakan kepemilikan SIM.

Pemohon juga diwajibkan memakai masker dan disiapkan alat cuci tangan serta hand sanitizer untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 saat pelaksanaan uji SIM.

"Alhamdulillah antusias dan kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi untuk memiliki SIM. Sedikitnya 20 pemohon dalam dua hari kemarin, " kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya AKP Herman Junaidi, Jumat (5/3/2021).

Menurut Herman, pelayanan SIM di Polsek Karangnunggal ini belum sempurna. Ketersediaan alat belum sepenuhnya tersedia bagi pemohon SIM baik baru maupun memperpanjang. Di Polsek Karangnunggal ini, hanya dilakukan tahapan verifikasi pemohon SIM, baik verifikasi data, tes kesehatan, teori, dan praktek.

"Yang jelas data pemohon sudah bisa terverifikasi dan datanya sudah ada. Jadi tetap kita boyong ke Mako Polres Tasikmalaya, dengan catatan pemohon SIM yang di pelayanan Polsek Karangnunggal ini sudah lulus," terang Herman.

Pada intinya, tambah Herman, masyarakat saat ini membutuhkan kepastian untuk memiliki SIM ini. Herman meminta kepada masyarakat bahwa SIM itu bukan hanya berpikir takut diperiksa oleh kepolisian.

"Kepemilikan SIM ini harus menjadi suatu kebutuhan, karena di saat memiliki kendaraan apabila terjadi kecelakaan, keluarga yang terdaftar akan mendapatkan asuransi kecelakaan," ujar Herman.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar