Pemkot Tasikmalaya Belum Izinkan Objek Wisata Buka

  Kamis, 20 Mei 2021   Heru Rukanda
Objek wisata Karang Resik Kota Tasikmalaya masih tutup. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM - Objek wisata yang ada di Kota Tasikmalaya hingga saat ini masih belum diizinkan beroperasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, pihaknya sengaja belum kembali membuka objek wisata lantaran saat ini masih suasana libur lebaran.

"Kita memang sengaja seminggu ini belum buka tempat wisata. Kita cooling down dulu dan lihat situasi," ujar Ivan, Kamis, 20 Mei 2021.

Menurutnya, kendati status zona pandemi Covid-19 Kota Tasikmalaya sudah oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19, tapi pihaknya belum berani membuka objek wisata sebelum memastikan kesiapan sarana prasarana protokol kesehatan di tempat wisata disiapkan dengan baik.

"Kita pantau, mudah-mudahan persiapan tanpat wisata bisa menyiapkan prokes dengan baik sebelum dibuka. Walau oranye, kuning, kalau musim liburan itu ramai prokes harus disiapkan dengan ketat dan disiplin," ucapnya.

Ia menyebut, pihaknya sudah mengintruksikan dinas terkait untuk mengecek kesiapan sarana prasarana prokes di setiap tempat wisata.

Di samping itu, para pengelola juga akan diberikan pembinaan terkait dengan penerapan protokol kesehatan.

"Pak Plt minta agar tutup dulu, sekaligus melakukan pembinaan sebelum diperbolehkan buka. Kemungkinan minggu depan, tapi kita akan evaluasi dulu. Kalau sudah siap, ya kita akan buka," ungkapnya.

Ivan menambahkan, pihaknya juga ingin melihat dulu tren kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya seusai libur lebaran apakah ada peningkatan atau tidak.

"Alhamdulillah data sekarang perkembangan Covid-19 turun trennya. Mudah-mudahan minggu depan tempat wisata bisa buka kembali," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya hingga Kamis, 20 Mei 2021, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya jumlahlah mencapai 6.637 kasus. Sebanyak 262 orang masih menjalani isolasi, 6.248 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 127 orang meninggal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar