5 Tempat Wisata Hits di Tasikmalaya

  Minggu, 06 Juni 2021   Heru Rukanda
Objek wisata Karang Resik Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda).

CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Menikmati waktu libur bersama keluarga, teman, dan sahabat ke tempat wisata pastinya sangat menyenangkan. Momen kebersamaan dengan orang-orang dekat tentunya tak mau terlewatkan begitu saja.

Nah, di Tasikmalaya ada beberapa tempat wisata yang indah baik wisata alamnya maupun wisata buatan. Bagi Anda yang masih bengung berwisata ke mana, berikut ini objek-objek wisata di Tasikmalaya yang bisa menjadi destinasi wisata Anda di akhir pekan.

galunggung

Pengunjung objek wisata Gunung Galunggung sedang berswafoto di atas view deck di bibir kawah.

1. Gunung Galunggung
Gunung Galunggung yang terakhir kali meletus tahun 1982 menyimpan pesona alam yang luar biasa. Suasana alam yang sejuk dan pesona kawah Gunung Galunggung menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah.

Selain keindahan alam pegunungan, di objek wisata Gunung Galunggung juga terdapat sumber mata air panas alami. Wisatawan bisa berenang di kolam dan ada juga bak rendam air panas.

Untuk mengisi perut yang lapar, wisatawan tidak perlu khawatir karena warung-warung di kawasan Gunung Galunggung menyediakan nasi liwet dadakan tinggal dipesan saja.

Lokasinya berada di Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya atau sekira lebih kurang 20 KM dari pusat Kota Tasikmalaya. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda empat. Dari pusat Kota Tasik, bisa ditempuh sekira 30 menit dengan sepeda motor dan sekira 45 menit untuk roda 4.

2. Objek Wisata Karang Resik
Objek wisata Karang Resik yang berada di wilayah Kecamatan Cipedes saat ini sedang hits di Kota Tasikmalaya. Di objek wisata Karang Resik terdapat wahana wisata baru, yakni sejumlah anjungan dengan konsep keliling Asia dan Eropa.

Objek wisata buatan yang baru diresmikan akhir Ramadan kemarin ini menyuguhkan suasana perkampungan Korea, Jepang, India, Yunani, dan Belanda.

Di sini banyak lokasi-lokasi yang instagrameble sangat cocok bagi wisatawan yang gemar swafoto. Dengan tiket masuknya Rp35 ribu, wisatawan bisa mengunjungi seluruh anjungan dan merasakan sensasi liburan keliling Asia dan Eropa.

3. Tee Jay Water Park
Wisata permainan air menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digemari terutama bagi anak-anak. Nah di Kota Tasikmalaya salah satu destinasi wisata permainan air adalah Tee Jay Water Park.

Berbagai wahana permainaian air yang bisa menyenangkan bagi anak-anak dan keluarga ada di sini. Di antaranya kolam ombak dan seluncuran pagoda. Untuk tiket masuknya sebesar Rp30 ribu.

Tee Jay Water Park berada di area mall Asia Plaza Jalan KH. Zenal Mustofa, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Situ-gede

Situ Gede di Tasikmalaya yang konon tidak boleh didatangi warga Sumedang. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

4. Situ Gede
Wisata alam di Kota Tasikmalaya yang juga menjadi ikon Kota Tasikmalaya adalah Situ Gede. Dalam bahasa Indonesia, situ berarti 'danau' dan gede berarti 'besar'.

Lokasinya berada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi. Situ Gede memiliki luas sekira 47 hektar dan terdapat pulau di tengahnya serta terdapat makam keramat Eyang Prabudilaya.

Keindahan Situ Gede menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah. Wisatawan bisa mengelilingi pulau dengan jasa sewa parahu yang disediakan warga sekitar Situ Gede.

Banyak warung makan yang menyediakan berbagai kuliner salah satunya ikan bakar mujaer yang bisa dinikmati bersama keluarga.

curug-badak-ok

Curug Badak Jadi Magnet Wisatawan Dimasa Libur Lebaran. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

5. Curug Badak Batu Hanoman
Wisata alam lainnya yang ada di Tasikmalaya adalah curug atau air terjun. Di Tasikmalaya ada banyak curug tapi hanya sebagian kecilnya saja yang sudah dijadikan destinasi wisata, salah satunya Curug Badak Batu Hanoman.

Lokasinya berada di Desa Suka Setia, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kawasan Curug Badak Batu Hanoman ini dikelola oleh KPH Perhutani Tasikmalaya.

Untuk menuju lokasi Curug, wisatawan harus berjalan kaki sekira 250 meter dari lokasi parkir. Suasana alam yang sejuk dan terdapat hutan pinus yang cocok untuk berswafoto.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar