PPDB Tingkat SMA Sudah Mulai. Pendaftaran Calon Siswa Difasilitasi Sekolah Asal

  Kamis, 10 Juni 2021   Heru Rukanda
SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya, Kamis, 10 Juni 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda).
CIHIDEUNG, AYOTASIK.COM -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA dan SMK dimulai sejak Senin, 7 hingga 11 Juni 2021. PPDB dilakukan secara daring dan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Untuk di Jawa Barat (Jabar), pendaftaran dilakukan melalui situs atau link https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id.
 
Pada pelaksanaannya, PPDB dilakukan dengan 2 tahap, yakni tahap pertama melalui jalur afirmasi (bagi anak-anak keluarga ekonomi tidak mampu) dan jalur prestasi akademik maupun non-akademik seperti prestasi di bidang olahraga. Sedangkan untuk tahap 2, melalui jalur Zonasi. "Untuk jalur prestasi akademik syaratnya nilai rapor dari semester 1 sampai 5 beserta rangkingnya itu yang di-upload. Sedangkan prestasi non-akademik yang dibuktikan dengan sertifikatnya apalagi kalau prestasinya sudah sampai tingkat Jabar, Insya Alloh dijamin lolos, tapi ada tes khusus lagi seperti interview biasanya," ujar Ketua Panitia PPDB SMPN 6 Kota Tasikmalaya, Lili Herli, 10 Juni 2021.
 
Menurutnya, pihak sekolah memberikan keleluasan bagi para siswanya untuk melakukan pendaftaran secara mandiri, tapi pihaknya juga memfasilitasi para siswa yang mau daftar dan dikoordinir oleh sekolah. "Kami fasilitasi anak-anak yang tidak memiliki HP atau laptop untuk mendaftar secara daring. Kalau yang sendiri kami berikan link pendaftaran berikut akun dan passwordnya untuk masuk ke link PPDB," ucapnya.
 
Ia menuturkan, untuk PPDB tahap satu ditutup 11 Juni 2021 dan dibuka pada 21 Juni 2021. Untuk mengetahui diterima atau tidaknya ada pemberitahuan dengan kembali masuk ke link pendaftaran.
 
Kalau PPDB tahap 2 dibuka mulai 24 Juni 2021 untuk jalur zonasi yang ditentukan berdasarkan jarak koordinat siswa pendaftar dari sekolah. "Dalam jalur ini, tidak ada upload nilai. Paling kartu keluarga dan KTP. Untuk jalur zonasi ini, kuotana 50%, sedangkan jalur pestasi akademik dan non-akademik kuotanya sebesar 25%, jalur afirmasi kuotanya sebasar 20%, dan jalur perpindahan kuotanya sebesar 5%," kata dia.
 
Lili menyebut, untuk tahap satu nilai rapor siswa sudah di-upload-kan semua ke link PPDB SMA, sehingga ketika siswa membuka link pendaftaran sudah terdaftar tinggal menunggu hasilnya. "Kalau syarat lain, paling menyiapkan KK, mengisi nama orang tua, dan alamat. Itu saja," jelasnya.
 
Ia menambahkan, untuk jalur zonasi yang dibuka mulai tanggal 24 Juni 2021, syaratnya tinggal meng-upload-kan kartu keluarga (KK). Sedangkan jalur keluarga ekonomi tidak mampu harus meng-upload-kan Kartu Indonesia Pintar (KIP), kartu Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).  "Jalur zonasi dilihat dari titik koordinat tempat tinggal ke sekolah. Misalnya, tahun lalu jalur zonasi di SMAN 1 itu perbandingan jaraknya 1,6 kilometer," kata dia.
 
Sementara itu, Herman, salah seorang guru di SMKN 2 Kota Tasikmalaya mengatakan, sejauh ini PPDB sudah berjalan dan pihaknya masih menunggu pendaftaran dari SMP. "PPDB sudah mulai. Itu kan yang mendaftakan dari pihak SMP maupun perorangan. Kita menunggu hasil pengumuman nanti karena besok hari terakhir PPDB tahap 1," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar