Sampah Overload, Pemkot Tasik Ingin Perluasan TPAS Ciangir

  Kamis, 10 Juni 2021   Heru Rukanda
TPAS Ciangir Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya berencana memperluas lahan tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Ciangir di wilayah Kecamatan Tamansari seiring dengan kondisi saat ini sudah over kapasitas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, kondisi tempat pembuangan akhir sampah  (TPAS) milik pemerintah kota di Ciangir Tamansari sudah overload sehingga perlu adanya perluasan lahan TPA.

"Rencananya memang akan ada perluasan lahan untuk TPAS Ciangir. Sesuai usulan dinas LH sekitar 4 sampai 5 hektar," ujar Ivan, Kamis, 10 Juni 2021.

Menurutnya, pihaknya sudah memasukan kebutuhan anggarannya agar perluasan lahan TPAS Ciangir bisa terealisasi di tahun depan. Kendati demikian, pihaknya juga masih melihat harga tanah untuk perluasan TPAS Ciangir dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki pemerintah kota.

"Semuanya masih dihitung. Mudah-mudahan bisa terlaksana tahun depan. Kita juga ajukan bantuan ke Pemprov Jabar untuk penambaham armada," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan mengatakan, pengajuan untuk perluasan lahan TPAS Ciangir sudah diajukan sejak tahun 2019 bahkan sudah ditinjau oleh Komisi 3 DPRD Kota Tasikmalaya. Namun, lantaran terkendala pandemi Covid-19 sehingga hingga kini masih belum terealisasi.

"Perluasan lahan terkendala Covid-19. Rencananya diperluas sekitar 5 hektar. Kalau anggarannya saya kurang begitu tahu berapa miliar," ujar Iwan, Kamis, 10 Juni 2021.

Ia menyebut, saat ini luas lahan TPAS Ciangir sekira 5,5 hektar. Menurutnya perluasan lahan sudah sangat mendesak karena kondisi saat ini TPA cukup memprihatikan. "Perluasan harus sudah dimulai kalau melihat situasi TPA mah. Minimal tahun 2022 sudah harus teranggarkan," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar