Ini Cara Bumdes Cipta Karya Mandiri Cikeusal Berdayakab Warga

  Kamis, 10 Juni 2021   Irpan Wahab Muslim
Salah satu stupa atau sarang lebah madu trigona milik Bumdes Cipta Karya Mandiri. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

CIKEUSAL, AYOTASIK.COM - Banyak cara dilakukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Tasikmalaya untuk memberdayakan warga yang berujung pada peningkatan kesejahteraan. Seperti yang dilakukan Bumdes Cipta Karya Mandiri Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya. Mereka memproduksi madu trigona yang melibatkan warga.

Direktur Utama Bumdes Cipta Karya Mandiri Nurhasan memaparkan, awal mula produksi madu berawal dari banyaknya warga yang memproduksi madu secara perseorangan. Madu,  sendiri berasal dari lebah jenis teuweul yang hidup di hutan.

"Awalnya warga yang produksi madu dirumah masing-masing, nah dari situ kita melihat peluang, kenapa tidak diwadahi Bumdes," ucap Nurhasan, Kamis 10 Juni 2021.

Potensi itupun langsung direspon oleh Bumdes dengan memproduksi madu secara massal. Bukan hanya diberikan permodalan berupa stup atau sarang lebah buatan, pemasaran pun dibantu oleh Bumdes.

Produksi madu trigona itupun sudah berjalan lebih dari dua tahun. Setiap bulan, setidaknya bisa menghasilkan 30 botol madu ukuran 100 ml. Harga yang dijual pun beragam mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 200.000 per botol sesuai ukuran.

"Paling besar itu ukuran botol bekas minuman sirup, itu dijual dua ratus ribu," ucap Nurhasan.

Kedepan, lanjut Nurhasan, pihaknya berencana untuk menjadikan Desa Cikeusal sebagai sentra penghasil madu trigona dan desa bunga. Karena lebah sendiri sering menghisap bunga yang akhirnya menjadi madu.

"Pemasaran kita melalui online, alhamdulilah pemesan banyak dari berbagai daerah, tapi masih seputar Tasikmalaya," ujar Nurhasan.

Nurhasan optimis, madu trigona yang dihasilkan warga akan semakin banyak dan berkembang mengingat khasiat madu bisa dijadikan obat berbagai penyakit. Produksi dalam jumlah besar ditambah pemasaran yang luas akan menjadi penghasilan besar bagi warga. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar