Sehari 160 Ton Sampah di Produksi Kota Tasik

  Kamis, 10 Juni 2021   Heru Rukanda
Sampah di TPAS Ciangir Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

BUNGURSARI, AYOTASIK.COM -- Kepala Bidang (Kabid) Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan mengatakan, produksi sampah Kota Tasikmalaya mencapai 160 ton per hari.

Hal tersebut terlihat dari volume sampah yang setiap hari masuk ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Ciangir di wilayah Kecamatan Tamansari.

Menurutnya, kondisi TPAS Ciangir saat ini sudah bisa dibilang over kapasitas. Dengan lahan seluas 5,5 hektar diperkirakan dalam waktu 2 tahun lagi sudah tidak mampu menampung sampah di Kota Tasikmalaya.

"Perluasan lahan memang harus segera dimulai kalau melihat kondisi TPA saat ini," ujar Iwan, Kamis, 10 Juni 2021.

Ia menuturkan, rencana perluasan lahan untuk TPAS Ciangir sudah diajukan sejak tahun 2019. Namun, di tahun 2020 terkendala Covid-19 dan rencana perluasan lahan sudah ditinjau langsung komisi III DPRD Kota Tasikmalaya.

"Untuk perluasan lahan minimal tahun 2022 harus teranggarkan karena kondisi TPAS saat ini sudah over kapasitas," ucapnya.

Iwan menyebut, bukan hanya perluasan saja yang harus di dukung, tapiĀ  sarana lainnya seperti alat berat juga. Di TPAS Ciangir saat ini dengan luas Lebih kurang 5,5 hektar hanya ada 3 unit alat berat. Kondisinya juga perlu perbaikan yang rutin dengan biaya perawatan yang memang cukup mahal harganya.

"Kalau idealnya lebih dari 3 unit alat berat," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar