Nakes Banyak Terpapar Covid-19, Pemkab Tasik Tidak Bisa Berbuat Banyak

  Rabu, 23 Juni 2021   Irpan Wahab Muslim
Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Atang Sumardi. (Irpan Wahab Muslim)

SINGAPARNA, AYOTASIK.COM -- Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Atang Sumardi mengatakan, setidaknya ada 65 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya. Hal itu memaksa, pelayanan di sejumlah Puskesmas dialihkan sementara ke puskesmas terdekat.

Atang menambahkan, atas banyaknya nakes yang terpapar, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Karena pemerintah daerah tidak mempunyai kapasitas untuk merekrut relawan. "Tidak bisa kita merekrut relawan. Ya, intinya kita tidak bisa berbuat banyak atas banyaknya nakes yang terpapar," ujar Atang, Rabu, 23 Juni 2021. 

Nakes yang terpapar Covid-19, lanjut Atang, kebanyakan sudah melakukan vaksinasi. Mereka pun saat ini hanya melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. "Mereka semuanya tanpa gejala. Jadi, hanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujar Atang.

Sementara untuk pelayanan puskesmas, tambah Atang, hanya pelayanan kegawat daruratan yang masih dibuka. Sementara untuk pelayanan lainnya terpaksa dialihkan ke puskesmas terdekat. "Jadi, pelayanan kesehatan di puskesmas kita akui tidak maksimal karena banyaknya nakes yang terpapar. Tapi untuk gawat darurat, masih bisa dilayani, " ungkap Atang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar